Senin, 15 April 2013

Memperbaiki Status Pending Pada Aplikasi Dabodik

Status pending adalah status aplikasi pendataan dapodik dimana hal ini dikarenakan ada data dari beberapa sekolah yang invalid. Seperti satu ID Guru dipakai oleh beberapa Guru dari sekolah yang berbeda. Berlaku juga untuk Peserta Didik.
Ini disebabkan beberapa hal :
1. Tahapan export/import tidak sesuai.
2. Dalam penggunaan export/import menggunakan template excel yang sama sehingga ID baik PTK maupun Peserta Didik dipakai di beberapa sekolah.
Biasanya ini terjadi saat satu operator membantu input data ke beberapa sekolah, TETAPI dalam menginputnya menggunakan tempate excel yang sama. Sehingga seharusnya ID ini milik sekolah A malah kebawa-bawa ke sekolah yang lainnya.
Dan saya himbau kembali, bahwa utk melakukan proses import pada aplikasi, sebelumnya harus di export terlebih dahulu sesuai intruksi pada Aplikasi.
Hal ini terjadi juga di sekolah saya (Jujur nih bantu sekolah lain juga)  Makan tak enak tidur pun tak nyenyak saat terkena status ini. Mengingat yang kita kerjakan adalah menyangkut nasib orang lain. Berikut Cara Memperbaiki status pending pada aplikasi pendataan dapodik. Bagi sekolah yang terkenana status pending di himbau jangan mengirim data terlebih dahulu. Agar OP pusat bisa membantu pengecekan sekolah yang masih pending. Bagi yang sudah di perbaiki silahkan mendownload offline db terbarunya dan restore.

bagi yang ngak sabar ingin perbaiki sendiri, ini Cara Memperbaiki status pending pada aplikasi pendataan dapodik :
pending aplikasi dapodik
Masuk di menu PTK dan Peserta Didik dan Lakukan Export Excel
pending aplikasi dapodik
Buka file excel dan ubah format ke csv (comma delimited) / (Koma di batasi)

Buka file csv dan hapus ptk_id

Import kembali file csv hasil edit
Setelah file di import, perhatikan no yang berawalan 0 akan menghilang dan nuptk menjadi digit tidak menentu. Sekarang export kembali data, setelah itu copy data dari format excel dari data yang lama dan paste value di data excel yang baru. Setelah itu ubah format ke csv dan import kembali.
Dengan melakukan cara ini operator harus melakukan input data baru, seperti rombel, sarana, prasarana, riwayat mengajar guru, riwayat pendidikan, sk kgb dan beberapa item yang ada di menu ubah rincian.
Saya sendiri mengerjakan perbaikan data ini memakan waktu cukup lama, dari pukul 14.00 siang sampe 01.00 Malam. Tapi terbayar dengan berubahnya status data di aplikasi pendataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar